A. Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSIKOMPETENSI DASAR
STANDAR KOMPETENSIKOMPETENSI DASAR
1.Merakit personal computer( Pak Bambang Irawan)
1.1Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
1.2Melakukan instalasi komponen PC
1.3Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
1.4Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sitem operasi)
1.5Menyambung periferal menggunakan Software
1.6Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
2.Melakukan instalasi sistem operasi dasar (Pak Bambang Irawan )
2.1Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
2.2Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
2.3Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
2.4Melakukan troubleshooting
3.Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) (Pak Bambang Irawan )
3.1Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2Melaksanakan prosedur K3
3.3Menerapkan konsep lingkungan hidup
3.4Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
1. MULTIMEDIA
STANDAR KOMPETENSIKOMPETENSI DASAR
STANDAR KOMPETENSIKOMPETENSI DASAR
1.Memahami etimologi multimedia (Pak Untung )
1.1Mendeskripsikan tentang multimedia
1.2Menjelaskan multimedia content production
1.3Menjelaskan multimedia communication
2.Memahami Proses Alir Produksi Produk Mulltimedia(Pak Untung)
2.1Menjelaskan proses pre production multimedia
2.2Menjelaskan proses production multimedia
2.3 Menjelaskan proses post production multimedia
3.Merawat peralatan multimedia (Pak Bambang Irawan)
3.1Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
3.2Melakukan perawatan peralatan multimedia
3.3Membuat kartu perawatan peralatan multimedia
4.Mengelola isi halaman web(Bu Ari)
4.1Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency
4.2Memeriksa links dan navigasi
4.3Mengedit informasi sesuai kebutuhan
4.4Menguji dan memastikan perubahan perubahan
5.Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi(Pak Moko)
5.1Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
5.2Mengoperasikan kamera video
5.3Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
5.4Mengoperasikan kamera
5.5Menata kabel-kabel kamera
5.6 Mengoperasikan clapper board
6.Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia (Pak Untung)
6.1Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
6.2Membuat sketsa
6.3Menggambar perspektif
6.4Menggambar objek
6.5Menggambar ilustrasi
7.Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi(Pak Sulis)
7.1Menjelaskan syarat animasi
7.2Membuat gambar kunci
7.3Mengatur dan melengkapi gambar kunci
8.Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip(Pak Sulis)
8.1Mendeskripsikan gambar yang asli
8.2Membuat gambar-gambar asli
8.3Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
8.4Membuat gambar tiga dimensi
9.Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)(Pak Sulis)
9.1Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
9.2 Membuat model warna dan tempat warna
10.Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia(Pak Moko)
10.1Menggunakan software teks multimedia
10.2Mendesain teks multimedia
11.Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia(Pak Moko)
11.1Mengedit gambar digital
11.2Menggunakan software grafik multimedia 2D
11.3Menciptakan design grafik Multimedia 2D
11.4Menampilkan karya seni digital 2D
12.Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia(Pak Moko)
12.1Menggunakan kamera digital
12.2Menggabungkan foto digital ke dalam rangkaian multimedia
12.3Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D
13.Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia1
3.1Menjabarkan format audio digital1
3.2Menggunakan software audio digital1
3.3Merancang audio digital1
3.4Membangun track audio digital
14.Membuat story board aplikasi multimedia(Pak Moko)
14.1Mengidentifikasi kebutuhan
14.2Merencanakan alur isi story board
14.3Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board
15.Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya(Pak Bambang Irawan)
15.1Menjelaskan dasar tata cahaya
15.2Menjelaskan efek cahaya
15.3Menyiapkan operasi lighting
16.Menerapkan efek khusus pada objek produksi
16.1Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
16.2Menginstallasi software efek khusus
16.3Membuat efek khusus pada obyek
17.Menyusun proposal penawaran(Pak Bambang Irawan)
17.1Menganalisa syarat-syarat proyek
17.2Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
17.3Membuat rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber yang ada
17.4Membuat proposal
17.5Membuat pengajuan permohonan tender.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar